Call Center 112 Masih Kerap Disalahgunakan
8 Oktober 2022 |
Foto: https://korankaltara.com/
TARAKAN, Koran Kaltara – Layanan call center 112 yang berada di bawah koordinasi Unit Pelaksana Tugas (UPT) Tarakan Command Center (TCC), banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bertanya berbagai hal tentang Covid-19. Termasuk cara mendapatkan vaksin, melakukan tes swab PCR dan lain sebagainya.
Padahal call center ini masih fokus pada pelayanan ambulans, mobil jenazah dan pemadam kebakaran.
Kepala UPT TCC, Fadli Wardhana menjelaskan, selama pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang memanfaatkan call center 112 untuk mencari berbagai informasi mengenai pelayanan kesehatan.
“Ada yang tanya tempat PCR dimana, ada yang tanya soal vaksin, baik cara mendaftar maupun tempat pelaksanaan. Kita jawab saja selama kita tahu,” terangnya, Kamis (9/9/2021).
Ke depan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperluas pelayanan informasi kepada masyarakat.
TARAKAN, Koran Kaltara – Layanan call center 112 yang berada di bawah koordinasi Unit Pelaksana Tugas (UPT) Tarakan Command Center (TCC), banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bertanya berbagai hal tentang Covid-19. Termasuk cara mendapatkan vaksin, melakukan tes swab PCR dan lain sebagainya.
https://googleads.g.doubleclick.net/pagead/ads?client=ca-pub-2554633008875200&output=html&h=280&slotname=3684029601&adk=2018064931&adf=656694785&pi=t.ma~as.3684029601&w=795&fwrn=4&fwrnh=100&lmt=1665270614&rafmt=1&format=795×280&url=https%3A%2F%2Fkorankaltara.com%2Fcall-center-112-masih-kerap-disalahgunakan&fwr=0&fwrattr=true&rpe=1&resp_fmts=3&wgl=1&uach=WyJXaW5kb3dzIiwiMTAuMC4wIiwieDg2IiwiIiwiMTA2LjAuNTI0OS4xMDMiLFtdLGZhbHNlLG51bGwsIjY0IixbWyJDaHJvbWl1bSIsIjEwNi4wLjUyNDkuMTAzIl0sWyJHb29nbGUgQ2hyb21lIiwiMTA2LjAuNTI0OS4xMDMiXSxbIk5vdDtBPUJyYW5kIiwiOTkuMC4wLjAiXV0sZmFsc2Vd&dt=1665270614099&bpp=2&bdt=100839&idt=19&shv=r20221003&mjsv=m202209290101&ptt=9&saldr=aa&abxe=1&cookie=ID%3D351d42d7fb836ddf-2223adbee8d60003%3AT%3D1665270120%3ART%3D1665270120%3AS%3DALNI_MbND4fkR7XvMI40_7u6M_cNahMELA&gpic=UID%3D00000a2445faa349%3AT%3D1665270120%3ART%3D1665270120%3AS%3DALNI_Mboz7ESKerZJwiLgQ0mjermkAbL3w&prev_fmts=0x0%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280&nras=1&correlator=7445222074995&frm=20&pv=1&ga_vid=1047546573.1665270121&ga_sid=1665270514&ga_hid=1164266258&ga_fc=1&u_tz=480&u_his=1&u_h=720&u_w=1280&u_ah=680&u_aw=1280&u_cd=24&u_sd=1.5&dmc=8&adx=131&ady=1007&biw=1263&bih=520&scr_x=0&scr_y=1806&eid=44759876%2C44759927%2C44759842%2C42531706%2C44773747&oid=2&psts=APxP-9BTVihx6otVvu2jKJ8xratcwRInvxcuw-6SKtC0flFmaDVYPWPBM4XS_IeLiR-CLHwScUHN5eiqrZ5QhpE%2CAPxP-9D0FsPvHst1ymRCSjZ07JMHkVwb6sot6_y6iU96OUK72zaymFQGvGX1O00O1RLyTqqXc5cP5uFvSlBqmoM%2CAPxP-9BBtmPyXw_bG4jHB3HxH5HnflE44psjr87Cr3wDk0G5wt8OkTtDPXYgCoyXsMlobhC_lo9xkDXnVuE0CfI%2CAPxP-9AxyucncUzcevbi6uJjHY3xnJDwytYdVkGTG3dxv2XaR5a0WVIjd5tApBKt87SJxxCirq5reRRziNGZW1o%2CAPxP-9CJFajiLn5CzSUb5eFkzYfRUubHVDRoUL9YsFnUFwteL_NfCkTP31aT6gKBaEXYaf-HYU9qYqwAyAnhPlA&pvsid=291824725340544&tmod=1186611591&uas=3&nvt=1&ref=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F&eae=0&fc=1920&brdim=0%2C0%2C0%2C0%2C1280%2C0%2C1280%2C680%2C1280%2C520&vis=1&rsz=%7C%7CEe%7C&abl=CS&pfx=0&fu=128&bc=31&ifi=21&uci=a!l&fsb=1&xpc=wecBJrQoPd&p=https%3A//korankaltara.com&dtd=28
Padahal call center ini masih fokus pada pelayanan ambulans, mobil jenazah dan pemadam kebakaran.
Kepala UPT TCC, Fadli Wardhana menjelaskan, selama pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang memanfaatkan call center 112 untuk mencari berbagai informasi mengenai pelayanan kesehatan.
Baca juga
“Ada yang tanya tempat PCR dimana, ada yang tanya soal vaksin, baik cara mendaftar maupun tempat pelaksanaan. Kita jawab saja selama kita tahu,” terangnya, Kamis (9/9/2021).
Ke depan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperluas pelayanan informasi kepada masyarakat.
https://googleads.g.doubleclick.net/pagead/ads?client=ca-pub-4239566459022730&output=html&h=280&slotname=2666461400&adk=3772047557&adf=3045988096&pi=t.ma~as.2666461400&w=795&fwrn=4&fwrnh=100&lmt=1665270614&rafmt=1&format=795×280&url=https%3A%2F%2Fkorankaltara.com%2Fcall-center-112-masih-kerap-disalahgunakan&fwr=0&fwrattr=true&rpe=1&resp_fmts=3&wgl=1&uach=WyJXaW5kb3dzIiwiMTAuMC4wIiwieDg2IiwiIiwiMTA2LjAuNTI0OS4xMDMiLFtdLGZhbHNlLG51bGwsIjY0IixbWyJDaHJvbWl1bSIsIjEwNi4wLjUyNDkuMTAzIl0sWyJHb29nbGUgQ2hyb21lIiwiMTA2LjAuNTI0OS4xMDMiXSxbIk5vdDtBPUJyYW5kIiwiOTkuMC4wLjAiXV0sZmFsc2Vd&dt=1665270614101&bpp=2&bdt=100841&idt=35&shv=r20221003&mjsv=m202209290101&ptt=9&saldr=aa&abxe=1&cookie=ID%3D351d42d7fb836ddf-2223adbee8d60003%3AT%3D1665270120%3ART%3D1665270120%3AS%3DALNI_MbND4fkR7XvMI40_7u6M_cNahMELA&gpic=UID%3D00000a2445faa349%3AT%3D1665270120%3ART%3D1665270120%3AS%3DALNI_Mboz7ESKerZJwiLgQ0mjermkAbL3w&prev_fmts=0x0%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280%2C795x280&nras=1&correlator=7445222074995&frm=20&pv=1&ga_vid=1047546573.1665270121&ga_sid=1665270514&ga_hid=1164266258&ga_fc=1&u_tz=480&u_his=1&u_h=720&u_w=1280&u_ah=680&u_aw=1280&u_cd=24&u_sd=1.5&dmc=8&adx=131&ady=1715&biw=1263&bih=520&scr_x=0&scr_y=1828&eid=44759876%2C44759927%2C44759842%2C42531706%2C44773747&oid=2&psts=APxP-9AeFF7MLrrnrmZC3Bhj_k6BWpbhuT9-KQbOAU8PQhcuxvjpCyZ-9YSAM2OZ2fy9SYE7EDEEF0M-0usnUV4%2CAPxP-9Db9HFFHCecnU-zanrwZEU0q4awT5ZGtX0MQ2rt-yIz7iF3JcFQmek1EdotT_rGPxXuMwyVwljsTpV1oWU%2CAPxP-9D5JLzIDRxlmO9HXSp8rm0yUOR1SsHYFHGdmLggD3ZSES3ynKF6ysxSqcvvnvv8_vWYTeaORMnyyUaej_s%2CAPxP-9CTDti6F3pF1OwNfO0P3mgajuIcIO3yiHoXBDoiGQsQhtk_587gkpbTy5YKBcgmVebytpXbfnmS9M-2KcA&pvsid=291824725340544&tmod=1186611591&uas=3&nvt=1&ref=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F&eae=0&fc=1920&brdim=0%2C0%2C0%2C0%2C1280%2C0%2C1280%2C680%2C1280%2C520&vis=1&rsz=%7C%7CEe%7C&abl=CS&pfx=0&fu=128&bc=31&ifi=22&uci=a!m&fsb=1&xpc=7tFHvLde7J&p=https%3A//korankaltara.com&dtd=39
“Kami akan melakukan pengembangan selanjutnya, bahwa kita tidak akan stagnan di program kegiatan ini saja. Kita bisa dinamis kepada masyarakat, pelayanan seperti apa yang sekiranya dapat kita berikan. Sebagai azas pemanfaatan masih ada beberapa aplikasi yang belum tersedia. Nantinya TCC ini akan didukung oleh beberapa OPD, termasuk pengoperasian CCTV nantinya,” bebernya.
Di layanan call center 112 saat ini sudah ada 5 layanan dari pemerintah. Di antaranya, permintaan ambulans, mobil jenazah, pemadam kebakaran, kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
Kemudian tim reaksi cepat dari DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) yang memberikan pelayanan jika ada kerusakaan fasilitas umum.
“Misalnya ada tanggul jebol sehingga mengganggu pemukiman, tim reaksi cepat DPUTR bisa langsung turun lapangan untuk memperbaiki. Dalam sehari ada 4 panggilan untuk mobil jenazah. Pelayanan ini semuanya gratis,” ungkapnya.
Meskipun demikian, ulah nakal penelepon masih sering terjadi, seperti memberi informasi palsu, tidak ada suara dan suara anak-anak.
Namun operator akan memberikan arahan supaya tidak main-main dengan saluran call center ini, karena akan menganggu masyarakat lain yang benar-benar membutuhkan pelayanan.
“Masih ada yang bikin prank dengan menelpon kami, tetapi tidak ada suara, suara anak-anak dan lain sebagainya. Kita imbau jangan digunakan untuk hal-hal tidak penting, karena ini saluran untuk pelayanan publik,” pungkasnya. (*)
Reporter: Sofyan Editor: Hariadi
Sumber: https://korankaltara.com/
376 views